5 Cara Cek Garansi HP Xiaomi Terbaru Resmi atau Distributor

Cara Cek Garansi HP Xiaomi – Xiaomi menawarkan produk HP-nya dengan harga yang terjangkau. Meskipun begitu, namun HP Xiaomi yang beredar di Indonesia tidak semuanya bergaransi resmi. HP Xiaomi diketahui bergaransi resmi, jika terdapat stiker TAM di dusbooknya. TAM atau PT Telemata Artha Mandiri merupakan distributor resmi Xiaomi di Indonesia.

Maka dari itu, kita harus mengetahui dengan pasti apakah HP Xiaomi yang kita beli benar-benar bergaransi resmi atau tidak. Hal ini dikarenakan HP yang bergaransi non resmi tidak bisa di gunakan di Indonesia, dikarenakan adanya pemblokiran IMEI yang berlaku untuk HP ilegal atau black market. Maka dari itu, pastikan anda membeli HP yang bergaransi resmi.

Pemblokiran IMEI sangat berdampak bagi HP itu sendiri, karena HP yang IMEI-nya tidak terdaftar, tidak dapat menggunakan jaringan seluler. Namun bagi pemilik HP Xiaomi yang bergaransi resmi, anda tidak perlu khawatir, pasalnya IMEI HP anda sudah terdaftar di database Kemenperin, sehingga akan terhindar dari pemblokiran. Maka dari itu, anda harus cek garansi HP anda.

Lantas bagaimana cara mengecek garansi Xiaomi asli atau distributor ? nah, berikut ini geekgyan akan sajikan informasi tentang bagaimana cara cek garansi HP Xiaomi. Jadi bagi yang belum mengetahui caranya, maka inilah saat yang tepat untuk mengetahuinya. Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan anda simak ulasan mendalam dari geekgyan berikut ini.

Cara Cek Garansi HP Xiaomi Terbaru Resmi atau Distributor

Cara Cek Garansi HP Xiaomi Terbaru Resmi atau Distributor

Dengan adanya garansi resmi, akan membuat pengguna HP Xiaomi nyaman. Pasalnya jika terjadi kendala dari pabrik pada perangkatnya, maka akan mendapatkan gantinya. Cara cek garansi HP Xiaomi sebenarnya cukup mudah. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah garansi HP Xiaomi itu resmi atau distributor. Maka dari itu, untuk mengetahui apakah HP Xiaomi anda resmi atau tidak, anda harus mengeceknya. Adapun caranya sebagai berikut.

Cara Mengecek Garansi HP Xiaomi

1. Cek Garansi dari Dusbook

Cek Garansi dari Dusbook

Cara yang paling mudah dan umumnya dilakukan oleh banyak orang untuk mengetahui garansi HP Xiaomi yang dibeli, yaitu melalui dusbook HP. Apabila anda membeli HP Xiaomi, pastikan pada dusbook HP terdapat stiker TAM. Seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwa HP Xiaomi yang bergaransi resmi, pada dusnya terdapat stiker TAM. TAM merupakan ditributor resmi Xiaomi. Selain TAM, pada dusbook biasanya juga tertera PT Sat Nusantara tbk. Tulisan tersebut juga menunjukkan bahwa HP Xiaomi tersebut adalah produk resmi yang dirakit di Indonesia.

2. Cek Garansi Melalui Buku Paduan Pengguna

Cek Garansi Melalui Buku Paduan Pengguna

Untuk lebih memperjelas lagi, apakah HP Xiaomi tersebut resmi atau tidak, anda dapat mengetahuinya di buku paduan pengguna. Buku ini biasanya terdapat pada dusbook beserta HP Xiaomi anda. Dalam buku ini anda akan mendapatkan informasi garansi HP yang tertulis dalam bahasa Indonesia. Biasanya anda akan mendapatkan 2 buku, dimana salah satunya berisi informasi tentang garansi dan yang satunya lagi, tentang paduan pengguna.

3. Cek Garansi dari Jenis Charger

Cek Garansi dari Jenis Charger

Cara selanjutnya yaitu dengan melihat jenis charger. Biasanya HP Xiaomi yang bergaransi resmi memiliki jenis charger standar 2 kaki yang bisa langsung dicolokan ke stopkontak. Namun, bila anda membeli HP Xiaomi dengan charger yang berbentuk pipih atau 3 kaki, maka bisa dikatakan, bahwa HP tersebut tidak bergaransi resmi.

4. Cek Garansi Dengan IMEI

Cek Garansi Dengan IMEI

Cara selanjutnya, yaitu dengan IMEI. IMEI adalah identitas dari HP itu sendiri. Setiap tipe HP Xiaomi, sudah pasti memiliki IMEI yang berbeda beda. Untuk dapat mengetahui IMEI HP Xiaomi juga sangat mudah, anda dapat mengetahui IMEI di dusbook atau bisa cek di kode rahasia Xiaomi. Jika sudah mendapatkan IMEI, anda bisa cek IMEI tersebut di situs https://imei.kemenperin.go.id/. Jika terbukti resmi maka akan muncul informasi bahwa IMEI anda sudah terdaftar di Kemenperin.

5. Cek Garansi Online

Cek Garansi Online

Untuk cara selanjutnya, anda dapat cek garansi secara online di situs web buy.mi.com/id/registration. Situs ini juga membutuhkan IMEI untuk pendaftaran. Dimana cara cek garansi di situs ini terbilang mudah. Adapun caranya sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan kunjungi situs di buy.mi.com/id/registration
  • Kemudian, masukkan IMEI anda.
  • Jika sudah, klik Langkah Selanjutnya.
  • Selanjutnya, akan muncul informasi nama distributor yang memberi garansi.

Itulah beberapa cara cek garansi HP Xiaomi yang dapat geekgyan.com sajikan untuk anda. Dapat kita lihat bahwa dengan IMEI kita dapat mengetahui garansi HP Xiaomi tersebut resmi atau tidak resmi. Maka dari itu, pastikan bahwa anda tahu cara cek IMEI Xiaomi. Anda dapat dengan mudah mengecek IMEI Xiaomi anda melalui kode rahasia Xiaomi *#06#. Selain itu, cek garansi juga menjadi salah satu cara cek tipe HP Xiaomi. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk anda semuanya, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *