7 Cara Menghapus Malware di Android Tanpa Root & Aman 2020

Cara Menghapus Malware di Android – Sudah tidak heran lagi saat ini bahwa malware tidak hanya menyerang sebuah PC atau laptop, namun bisa juga menyerang HP atau smartphone. Nah pada kesempatan kali ini Geekgyan.com akan memberitahukan cara menghapus malware di android.

Malware sendiri dapat masuk ke sistem HP android melalui banyak cara. Misal saja jika anda sering mengunduh konten dari website tidak resmi, file APK, tautan Email dan juga beberapa aplikasi yang tidak ada di google playstore juga bisa mengakibatkan HP android anda terjangkit malware.

Namun banyak para pengguna android tidak menyadari akan adanya dan datangnya malware tersebut pada HP kesayangannya. Hal itu bisa mengakibatkan sebuah Hp android milik anda tidak bekerja secara sempurna dan kurangnya performa pada saat digunakannya.

Memang bisa dikatakan sulit untuk mendeteksi apakah HP android anda sudah terkena malware atau belum. Namun tenang saja ada cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menghapus malware di HP android kesayangan anda tanpa harus install ulang atau tanpa root terlebih dahulu.

Cara Menghapus Malware di Android Mudah Tanpa Root

Cara Menghapus Malware di Android Mudah Tanpa Root

Dengan menghapus malware yang ada pada di Hp android, nantinya akan membuat HP android anda akan beroperasi secara optimal atau maksimal. Nah berikut tanda-tanda penyebab HP android anda terjangkit sebuah malware dan cara untuk menghapusnya.

Tanda-Tanda HP android Terjangkit Malware

Tanda Tanda HP android Terjangkit Malware

Untuk tanda-tandanya sendiri terbilang cukup beragam. Berikut beberapa tanda menjadikan HP android kesayangan anda terjangkit malware:

Baterai Cepat Habis

Jika HP android sudah mulai berkurang bahkan habis baterainya dengan sendirinya, namun tidak  digunakan secara terus menerus itu bisa menjadi salah satu tanda HP android anda sudah terjangkit malware. Hal itu memang malware sendiri dirancang untuk beroperasi di background aplikasi menjadikan akan terus bekerja mengambil data yang di inginkan.

Banyak Iklan Muncul

Banyak iklan muncul pada saat membuka aplikasi atau tidak, itu juga menjadi salah satu tanda HP android sudah terjangkit sebuah malware.

HP Lambat Tiada Sebab

Jika HP android dirasa lambat tiada sebab walaupun memori masih tersisa banyak dan juga pemakaiannya masih terbilang cukup lama. Anda perlu curiga bisa saja ini salah satu sebab HP android sudah terjangkit malware. Oleh karena itu cara yang tepat adalah dengan menghapus malware tersebut.

Panggilan Tidak Optimal atau Terputus-putus

Tanda atau sebab selanjutnya bahwa Hp android sudah terjangkit sebuah malware yaitu sering terputus pada saat menerima atau melakukan panggilan walaupun sinyal penuh. Bisa dikatakan itu sebab dari malware sudah mulai menyerangnya.

Kuota Cepat Habis

Jika tiba-tiba kuota berkurang namun tidak lazim walaupun dirasa menggunakan sewajarnya, ini mungkin HP android sudah terkena malware. Biasanya malware bekerja untuk menguras kuota yang digunakan mencari data akun pebankan, kontak ,informasi kartu kredit dan sebagainya.

Nantinya akan mengirimkannya kepada penyebar malware tersebut, itu sangat berbahaya sekali. Oleh karena itu cara menghapus malware menjadi solusi tepat untuk tetap aman dan nyaman dalam menggunakan HP android.

Cara Menghapus Malware di Android

Cara Menghapus Malware di Android

Untuk menghapus sebuah malware di HP android sendiri bisa menggunakan sebuah aplikasi anti virus yang sudah dipercaya. Namun masih menjadi misteri atau perdebatan bahwa menghapus menggunakan antivirus masih belum terbukti ampuh ke efektifannya, perlu di coba terlebih dahulu. Berikut cara menghapusnya:

1. Cara pertama yaitu dengan menekan tombol power, sampai muncul pilihan matikan daya. Kemudian lanjut dengan tekan power off agak lama sampai muncul pop-up untuk mengkonfirmasi perintah reboot ke Safe Mode.

2. Jika tidak dapat masuk ke Safe Mode akibat malware menyerang, maka dapat lakukan dengan cara lewat Hard Reset yaitu melepas baterai atau menekan tombol power selama minimal 10 detik atau cara lain sesuai dengan tipe HP.

3. Kemudian pada saat perangkat sedang melakukan booting, tekan kedua tombol volume secara bersamaan atau tombol menu (sesuai tipe HP) untuk masuk ke Safe Mode.

4. Jika sudah masuk ke Safe Mode. Cara selanjutnya yaitu buka Pengaturan > Apps > Downloaded untuk melihat apakah ada malware pada perangkat HP android anda. Untuk mendeteksinya sangat mudah, jika menemukan aplikasi asing dilist downloaded apps dirasa anda tidak pernah mendownloadnya, maka kemungkinan aplikasi tersebut adalah malware.

5. Untuk menghilangkan atau menghapusnya sendiri anda hanya perlu meng-uninstall aplikasi tersebut dengan klik dan pilih Uninstall.

6. Namun jika malware tersebut sudah diaktifkan sebagai administrator dari perangkat HP android anda, maka yang musti dilakukan adalah dengan cara kembali ke Pengaturan Utama > Security > Device Administrator. Kemudian centang kotak pada samping dan lakukan cara uninstall malware seperti biasanya.

7. Jika cara diatas sudah dilakukan, selanjutnya dengan bisa me-reboot perangkat HP android. Secara otomatis HP android akan keluar dari Safe Mode dan semuanya akan berjalan normal seperti biasanya.

Nah itu tanda Hp android terjangkit malware dan cara menghapus malware dari perangkat android kesayangan yang dapat Geekgyan.com sampaikan, semoga bermanfaat dan berguna bagi para pengguna HP android yang sudah terjangkit malware di dalamnya.

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *