25 Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi – Xiaomi merupakan brand HP yang sudah sangat populer di tanah air. Kepopuleran Xiaomi bisa kita lihat dari banyaknya pengguna dari merek HP yang satu ini. Selain itu Xiaomi, juga dikenal memiliki kualitas dan spek HP yang mumpuni. Xiaomi juga membandrol type HP-nya dengan harga yang terjangkau.

Pasalnya, Xiaomi memang mengeluarkan beragam type HP Android untuk kalangan menengah kebawah. Xiaomi juga memiliki kapasitas baterai yang cukup besar. Setiap type HP Xiaomi memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda. Dengan hadirnya baterai sesuai kapasitas yang sudah ditentukan, maka dapat membantu kinerja aplikasi.

Daya tahan baterai kini kerap kali menjadi masalah bagi HP Xiaomi yang memiliki kapasitas baterai yang terbatas. Tak ada hal yang dilakukan selain mengetahui cara menghemat baterai HP Xiaomi. Penggunaan baterai yang terbilang boros membuat penggunaan aplikasi tak dapat berjalan dengan jangka waktu yang cukup lama.

Cara menghemat baterai HP Xiaomi agar tidak boros, tentu akan sangat membatu penggunaan HP tersebut akan lebih lama. Yang menarik dari HP Xiaomi yaitu dilengkapinya dengan fitur penghemat baterai. Lantas bagaimana caranya menghemat penggunaan baterai ? Nah berikut geekgyan akan berikan beberapa cara menghemat baterai HP Xiaomi.

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

Dengan melakukan cara menghemat baterai Xiaomi, tentunya akan memberikan manfaat yang sangat berpengaruh. Salah satu manfaat yang akan kita rasakan yaitu tentunya baterai HP Xiaomi kita akan lebih awet karena kinerja HP sesuai standard. Maka dari itu, untuk membuat baterai HP Xiaomi makin awet, silahkan lakukan cara-cara dibawah ini.

Cara Menghemat Baterai Smartphone Xiaomi

Cara Menghemat Baterai Smartphone Xiaomi

Untuk caranya sendiri terbilang cukup mudah, anda hanya perlu melakukan pengaturan pada HP Xiaomi anda. Adapun caranya sebagai berikut.

1. Mengaktifkan Penghemat Baterai

  • Langkah yang pertama silahkan buka menu “Pengaturan”.
  • Kemudian, pilih “Baterai & Performa”.
  • Lalu, pilih “Daya”.
  • Selanjutnya, pilih dan aktifkan “Penghemat Baterai.

2. Melakukan Opsi Pengembang

Untuk dapat menghemat baterai dengan cara yang satu ini, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Pertama buka “Pengaturan atau Setelah”.
  • Kemudian, pilih “Tentang Ponsel”.
  • Lalu pada “Versi MUIU” silahkan klik sebanyak 7 kali hingga menjadi developer.
  • Langkah berikutnya, silahkan kembali, lalu pilih “Setelan Tambahan”.
  • Selanjutnya, pilih “Opsi Pengembang”.
  • Setelah itu, skroll kebagian paling bawah, lalu silahkan matikan fitur “optimasi MUIU”.
  • Jika sudah dimatikan, silahkan skroll ke atas pada bagian “jangan simpan aktivasi” silahkan aktifkan.
  • Kemudian dibawahnya ada “Batas Proses Latar Belakang”, silahkan klik.
  • Maka akan muncul beberapa pilihan, silahkan pilih “Tidak anda proses latar belakang”.
  • Selesai, maka coba rasakan bagaimana perbedaan ponsel HP Xiaomi anda.

3. Mematikan Sinkronisasi Dan GPS

Hal ini dikarenakan kedua fitur ini menjadi penyebab utama baterai HP Xiaomi anda boros. Maka dari itu untuk mengatasinya silahkan matikan kedua fitur tersebut.

4. Memilih Aplikasi Dengan Selektif

Untuk hal ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang apabila menginstal aplikasi mereka tidak memikirkan aplikasi tersebut. Hal inilah yang membuat penggunaan baterai menjadi lebih boros. Maka dari itu, silahkan menginstal aplikasi sesuai dengan kinerja HP Xiaomi anda apabila ingin baterai tetap awet.

5. Aktifkan Mode Auto Close App

Dalam keadaan sleep, mode auto close app akan membersihkan RAM smartphone anda. Untuk cara menggunakan fitur auto close app ini sangatlah mudah, pertama silahkan buka menu “pengaturan”. Lalu, pilih “baterai”, Selanjutnya pilih “profil” dan kemudian, pilih “tambah profil”. Selanjutnya silahkan pilih “bersihkan memori”. Lalu, pilih pengaturan waktu dan terakhir aktifkan profil tersebut.

6. Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Kecerahan layar menjadi hal yang paling banyak menguras baterai. Maka dari itu pastikan anda mengatur kecerahan layar yang tidak terlalu terang atau anda bisa mengaktifkan fitur kecerahan layar otomatis.

7. Bersihkan File Cache Yang Sudah Kadaluwarsa

Untuk cara yang selanjutnya kamu dapat membersihkan cache yang sudah kadaluwarsa. Cara membersihkannya, anda dapat buka aplikasi keamanan lalu pilih pembersih. Cara ini terbukti mampu membuat baterai HP Xiaomi lebih hemat.

8. Matikan Location Service Akun Google

Location service memiliki pengaruh besar yang membuat baterai HP Xiaomi cepat habis. Maka dari itu dengan mematikan fitur ini baterai HP Xiaomi anda akan lebih hemat

9. Aktifkan Fitur Power Saving

Dengan mengaktifkan fitur power saving daya tahan baterai akan semakin hemat. Hal ini dikarenakan fitur ini akan meminimalkan fitur-fitur yang sudah tidak berguna. Untuk cara mengaktifkan fitur ini, anda bisa buka pengaturan security, lalu pilih power saver dan kemudian aktifkan.

10. Aktifkan Mode Senyap

Dengan mematikan suara dan getar notifikasi, maka baterai HP Xiaomi akan lebih hemat. Maka dari itu sebaiknya anda mematikan suara dan getar pada notifikasi atau anda bisa menonaktifkan notifikasi aplikasi yang tidak berguna.

11. Atur Sleep Display

Mengatur sleep display menjadi cara yang ampuh untuk menghemat baterai. Cara yang satu ini dapat menghemat baterai hingga 50%. Maka dari itu atur sleep display secepat mungkin. Semakin cepat sleep display maka akan semakin hemat penggunaan baterai.

12. Tutup Aplikasi Media Sosial

Membuka aplikasi media sosial tanpa menutupnya kembali akan membuat penggunaan baterai lebih boros. Maka dari itu setelah membuka aplikasi media sosial disarankan untuk menutupnya kembali.

13. Non Aktifkan Scrensaver

Dengan mengaktifkan fitur scrensaver HP Xiaomi kita akan lebih keren dan menarik, akan tetapi fitur ini akan menguras penggunaan baterai. Maka dari itu sebaiknya anda mematikan fitur ini.

14. Gunakan Charger Original

Kebanyakan orang mengisi baterai dengan menggunakan charger yang buka bawaan dari HP-nya. Meskipun nantinya baterai bakal terisi penuh, namun hal tersebut justru akan merusak baterai karena tegangannya tidak stabil. Dengan menggunakan charger original, umur baterai akan tetap terjaga.

15. Instal Aplikasi Yang Diperlukan

Bagi anda yang senang mengistal aplikasi, pastikan instal aplikasi yang diperlukan. Pasalnya dengan menginstal banyak aplikasi konsumsi baterai akan semakin boros. Maka dari itu disarankan untuk menginstal aplikasi yang benar-benar anda perlukan.

Tips Menjaga Kesehatan Baterai

Tips Menjaga Kesehatan Baterai

Agar baterai tetap sehat dan awet, ada beberapa tips yang perlu anda lakukan. Dengan melakukan beberapa tips yang akan geekgyan sajikan berikut ini, maka baterai akan lebih hemat, lebih awet dan umur baterai tetap terjaga. Adapun tips menjaga kesehatan baterai sebagai berikut.

  1. Jangan mengisi daya baterai terlalu lama.
  2. Jangan digunakan saat HP Xiaomi sedang di charger.
  3. Jangan lakukan pengisian daya dalam kondisi baterai 0% disarankan mengisi daya saat kondisi baterai 30%.
  4. Selalu siapkan powerbank.
  5. Gunakan tema dark mode.
  6. Jangan menginstal aplikasi penghemat baterai.
  7. Gunakan aplikasi penghemat baterai bawaan.
  8. Gunakan wallpaper berwarna hitam.
  9. Selalu cek update android secara rutin.
  10. Gunakan mode pesawat saat diperlukan.

Itulah beberapa cara menghemat baterai HP Xiaomi yang dapat geekgyan.com sajikan. Silahkan lakukan cara-cara di atas maka baterai HP Xiaomi anda akan lebih hemat. Untuk aplikasi bawaan yang tidak diperlukan disarankan untuk menghapusnya. Cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dapat anda lakukan dengan mudah. Mungkin hanya itu saja yang dapat geekgyan informasi, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *