7 Cara Menghemat Kuota Google Meet : Meeting & Kuliah Online

Cara Menghemat Kuota Google Meet – Sekarang ini teknologi komunikasi online sudah berkembang sangat pesat. Dimana semua orang bisa melakukan kegiatan seperti rapat maupun kuliah tatap muka secara virtual. Seperti halnya dengan menggunakan aplikasi Google Meet.

Menggunakan aplikasi Google Meet membutuhkan data atau jaringan internet. Pasalnya setiap aplikasi online pasti membutuhkan jaringan internet saat digunakan. Namun apakah Google Meet boros kuota? Bagaimana cara agar menghemat kuota Google Meet?

Menghemat data waktu pakai Google Meet sebenarnya bisa saja untuk dicoba. Anda bisa menghemat kuota dengan beberapa cara seperti yang sudah admin Geekgyan rangkum mengenai CARA DISCORD HEMAT KUOTA.

Nah pada artikel kali ini, admin Geekgyan akan sajikan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat data Google Meet. Buat anda yang ingin mengetahui cara menghemat kuota aplikasi tersebut, silahkan simak terus ulasannya berikut ini.

Cara Menghemat Kuota Google Meet

Cara Menghemat Kuota Google Meet 1

Cara menghemat data internet waktu menggunakan Google Meet bisa dilakukan dengan memanfaatkan beberapa fitur di dalam Google Meet. Seperti dengan mengatur kualitas gambar maupun video. Nah selain itu apakah ada cara lain untuk menghemat data internet Google Meet?

Cara menggunakan Google Meet tanpa kuota yang banyak adalah sebagai berikut :

1. Tidak Pakai Kualitas HD

1. Tidak Pakai Kualitas HD

Cara pertama untuk menghemat kuota saat memakai Google Meet yaitu jangan gunakan kualitas HD (High Definition). Pakailah kualitas tinggi saat dibutuhkan. Karena menggunakan kualitas rendah tidak akan bermasalah saat menerima suara.

Biasanya meeting dan kuliah online menggunakan Google Meet kebanyakan hanya membutuhkan fitur suara. Sedangkan fitur kamera hanya digunakan saat dibutuhkan. Jadi alangkah baiknya gunakan kualitas Google Meet secara rendah untuk menghemat data internet.

2. Pakai Mikrofon Ketika Butuh Saja

2. Pakai Mikrofon Ketika Butuh Saja

Cara kedua bisa dilakukan dengan mematikan mikrofon saat tidak bicara pada meeting atau kuliah online pakai Google Meet. Selain untuk hemat kuota, juga supaya suara sekitar tidak masuk ke meeting dengan Google Meet.

Mematikan Mic saat menggunakan Google Meet akan membuat kuota sedikit lebih hemat. Selain menonaktifkan mikrofon, bisa juga dengan mematikan audio masuk saat menggunakan Google Meet disaat waktu istirahat.

3. Gunakan Kamera Seperlunya

3. Gunakan Kamera Seperlunya

Cara ketiga supaya menghemat kuota saat menggunakan Google Meet yaitu dengan mematikan kamera. Dimana menggunakan kamera di Google Meet itu membutuhkan kuota lebih.

Disamping membutuhkan banyak kuota, memakai kamera juga memerlukan daya baterai lebih. Nah untuk itu silahkan gunakan kamera saat meeting menggunakan Google Meet seperlunya saja.

4. Jangan Gunakan Share Screen Berlebihan

4. Jangan Gunakan Share Screen Berlebihan

Hampir setiap platform media komunikasi online seperti Discord, Google Meet dan lainnya sudah dibekali dengan fitur berbagi video atau rekaman layar secara langsung. Menggunakan Share Screen secara berlebihan pada Google Meet membutuhkan kuota yang banyak.

Oleh karena itu silahkan pakai Share Screen seperlunya saja, sehingga anda akan menghemat kuota. Dan jika memang membutuhkan Share Screen silahkan gunakan kualitas yang tidak terlalu tinggi agar hemat kuota.

5. Mengaktifkan Batas Pemakaian Data

5. Mengaktifkan Batas Pemakaian Data

Buat anda yang ingin hemat kuota saat menggunakan Google Meet di Smartphone, bisa dengan melakukan cara kelima yaitu mengaktifkan batas pemakaian data di menu Pengaturan HP. Sehingga nantinya anda akan mendapat pemberitahuan mengenai penggunaan kuota yang berlebihan sesuai dengan yang sudah diatur batasnya.

Dengan begitu nanti anda bisa mengetahui seberapa banyak kuota yang dipakai saat memakai Google Meet untuk meeting. Cara ini sangat efektif untuk mengontrol pemakaian data, sehingga anda bisa menghemat data internet saat menggunakan Google Meet.

6. Jangan Gunakan Virtual Background

6. Jangan Gunakan Virtual Background

Seperti fitur Share Screen, Virtual Background juga sudah tersedia di Google Meet. Dimana Virtual Background dapat mengubah latar belakang video anda saat menggunakan Google Meet.

Menggunakan Virtual Background juga membutuhkan kuota lebih banyak. Oleh karena itu, agar hemat kuota saat pakai Google Meet silahkan gunakan Virtual Background seperlunya saja. Cara ini bisa membantu anda menghemat kuota.

7. Menggunakan Paket Data Khusus Google Meet

7. Menggunakan Paket Data Khusus Google Meet

Cara selanjutnya untuk menghemat kuota saat menggunakan Google Meet yaitu dengan menggunakan kuota khusus aplikasi tersebut. Cara ini sangat cocok buat anda yang ingin memakai Google Meet tanpa kuota yang banyak di HP.

Dimana jika anda tidak menggunakan Wifi saat pakai Google Meet di HP, anda bisa menghemat kuota dengan memakai kuota data khusus aplikasi tersebut. Pasalnya jika menggunakan kuota reguler anda bisa menghabiskan banyak kuota.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan ulasan diatas, bahwa untuk menghemat kuota saat pakai Google Meet bisa dicoba dengan beberapa cara. Seperti dengan tidak menggunakan kualitas HD, menggunakan kamera seperlunya dan dengan cara mematikan mikrofon saat tidak digunakan. Selain itu juga bisa dengan menggunakan kuota yang dikhususkan untuk aplikasi Google Meet. Sehingga nanti anda bisa menghemat kuota reguler anda.

Sekian artikel kali ini, yang berhasil admin Geekgyan rangkum tentang cara menghemat kuota Google Meet. Terima kasih sudah mengunjungi Geekgyan.com, semoga cara-cara diatas bermanfaat buat anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: admin

Seorang konten writers di Geekgyan yang sangat antusias terhadap dunia gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *