10 Cara Menghilangkan Bug di Xiaomi : Bug Google, Tema & Aplikasi

Cara Menghilangkan Bug di Xiaomi – Setiap teknologi baik pada komputer maupun Smartphone pasti akan mengalami Bug yang tak terduga. Dimana Bug tersebut akan terjadi disebabkan oleh beberapa faktor.

Misalnya pada Smartphone Xiaomi, tak jarang pengguna mengalami Bug. Seperti Bug Google terus berhenti, Bug tersebut bisa dialami oleh semua pengguna Xiaomi dan pengguna diminta untuk melaporkan adanya Bug tersebut kepada pihak Google.

Berbicara mengenai Bug di Xiaomi, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu Bug di Xiaomi. Serta mengetahui penyebab Bug di Xiaomi sehingga dapat mengerti cara apa yang tepat untuk menghilangkan Bug tersebut.

Nah pada artikel kali ini admin Geekgyan akan sajikan cara-cara untuk menghilangkan Bug di Xiaomi. Namun sebelum masuk ke cara menghilangkan Bug alangkah baiknya pahami dulu apa itu Bug di Xiaomi berikut ini.

Apa Itu Bug di Xiaomi?

Apa Itu Bug di Xiaomi

Yang dimaksud dengan Bug di dunia teknologi yaitu merupakan sebuah istilah yang menggambarkan gangguan yang sedang terjadi. Awal mula diberi istilah Bug yaitu merujuk dari sejarah teknologi komputer kuno. Dimana dahulu di amerika terdapat satu komputer yang berukuran besar dan mengalami suatu masalah atau gangguan.

Dan setelah diselidiki gangguan tersebut dikarenakan ada serangga yang masuk dan tersangkut di dalam perangkat komputer tersebut. Dan istilah Bug lah yang dipakai jaman dahulu ketika suatu perangkat keras atau lunak sedang mengalami gangguan.

Seperti halnya Bug di Xiaomi, istilah tersebut juga bisa diartikan sebagai masalah atau gangguan yang terjadi di perangkat atau Smartphone Xiaomi. Baik pada perangkat keras maupun lunak Xiaomi.

Nah Bug itu sendiri tidak akan terjadi tanpa adanya penyebabnya. Maka dari itu sebelum anda akan melakukan cara menghilangkan Bug, alangkah baiknya anda ketahui apa penyebab Bug tersebut. Simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Bug di Xiaomi

Seperti yang sudah disinggung diatas, Bug pada Xiaomi akan terjadi jika terjadi sesuatu baik pada software maupun hardware Smartphone Xiaomi tersebut. Berikut akan admin Geekgyan sajikan beberapa kemungkinan penyebab terjadinya Bug di Xiaomi.

Penyebab Bug di HP Xiaomi adalah sebagai berikut :

1. MIUI Versi Lama

1. MIUI Versi Lama

Penyebab Bug Xiaomi pertama bisa dikarenakan MIUI versi lama. Dimana Xiaomi dapat mengalami Bug tertentu pada MIUI versi lama. Misalnya Bug Google, Tema, Aplikasi dan beberapa Bug Lainnya.

Misalnya pada Bug Google yang terus berhenti. Pada HP Xiaomi yang mengalami Bug tersebut biasanya akan mendapat jendela pop up berisikan laporan Bug Google terus berhenti.

2. Adanya Masalah Update MIUI

2. Adanya Masalah Update MIUI

Penyebab Bug Xiaomi kedua bisa disebabkan oleh masalah update MIUI. Dimana Xiaomi dapat mengalami Bug tertentu pada saat memperbarui MIUI.

Jika pengguna Xiaomi mengalami masalah saat melakukan update MIUI ke versi terbaru, besar kemungkinan akan mendapatkan Bug. Namun biasanya Bug hanya akan terjadi pada sistem.

3. MIUI Tidak Mendukung Perangkat

3. MIUI Tidak Mendukung Perangkat

Penyebab Bug Xiaomi ketiga bisa disebabkan oleh MIUI tidak support perangkat tersebut. Dimana Xiaomi dapat mengalami Bug tertentu apabila menggunakan versi MIUI yang tidak sesuai.

Apabila Xiaomi mengalami masalah pada MIUI tidak support perangkat, besar kemungkinan akan mendapatkan Bug. Namun biasanya Bug hanya akan terjadi pada sistem.

4. Kesalahan Sistem Aplikasi

4. Kesalahan Sistem Aplikasi

Penyebab Bug Xiaomi keempat bisa disebabkan oleh Kesalahan sistem aplikasi. Dimana Xiaomi dapat mengalami Bug tertentu apabila mengalami gangguan pada sistem kelola aplikasi.

Apabila Xiaomi mengalami masalah sistem kelola aplikasi, besar kemungkinan akan mendapatkan Bug. Namun biasanya Bug hanya akan terjadi pada aplikasi yang gagal dijalankan di Xiaomi seperti muncul jendela pop up Sayangnya aplikasi telah berhenti.

5. Adanya Masalah Pada Google

5. Adanya Masalah Pada Google

Penyebab Bug Xiaomi Kelima dapat disebabkan oleh gangguan dari pihak Google. Dimana Xiaomi dapat mengalami Bug tertentu apabila pihak Google sedang mengalami masalah.

Bug di Xiaomi ini bisa terjadi karena Google sedang memperbaiki atau update algoritma Google untuk Android. Tidak kemungkinan selain HP Xiaomi juga bisa mendapati Bug Google seperti Google terus berhenti. Dan anda diminta mengirim laporan ke Google atas Bug tersebut.

Nah setelah mengetahui beberapa sebab terjadinya Bug di HP Xiaomi, sekarang anda bisa mengatasinya untuk menghilangkan Bug tersebut. Simak cara-cara berikut ini.

Cara Menghilangkan Bug di Xiaomi Semua Tipe

Cara menghilangkan Bug di HP Xiaomi bisa dicoba dengan beberapa cara berikut ini. Dimana cara menghilangkan Bug dapat disesuaikan dari sebabnya terjadi Bug.

Cara menghilangkan Bug di Xiaomi semua tipe adalah sebagai berikut :

1. Melakukan Reboot HP Xiaomi

1. Melakukan Reboot HP XiaomiMenghilangkan Bug di Xiaomi

Cara menghilangkan Bug pertama dapat dengan melakukan Reboot. Reboot HP Xiaomi yaitu memulai ulang atau Restart HP Xiaomi menggunakan menu Mode Recovery.

Untuk dapat membuka menu Mode Recovery di HP Xiaomi cukup mudah yaitu dengan cara tekan dan tahan tombol power dan volume atas secara bersamaan. Cara tersebut sangat cocok untuk menghilangkan Bug di Xiaomi seperti Bug Google terus berhenti dan Bug Sayangnya aplikasi telah berhenti.

Buat anda yang ingin mengetahui cara Restart HP dengan cara lain, admin Geekgyan sudah pernah merangkum CARA RESTART HP XIAOMI menggunakan menu Pengaturan HP Xiaomi.

2. Melakukan Factory Reset HP Xiaomi

2. Melakukan Factory Reset HP Xiaomi Untuk Menghilangkan Bug di Xiaomi

Cara menghilangkan Bug kedua dapat dengan melakukan Reset pabrik HP Xiaomi. Factory Reset HP Xiaomi yaitu mengembalikan HP Xiaomi seperti HP pertama kali digunakan saat baru. Dimana semua pengaturan dan sistem di Xiaomi akan dikembalikan seperti semula. Seperti menghilangkan Cache dan data di HP Xiaomi.

Untuk dapat menghilangkan Bug di HP Xiaomi dengan reset pabrik cukup mudah yaitu dengan cara tekan dan tahan tombol power dan volume atas secara bersamaan. Cara tersebut sangat cocok untuk menghilangkan Bug di Xiaomi seperti Bug Google terus berhenti dan Bug Sayangnya aplikasi telah berhenti.

Buat anda yang ingin mengetahui cara Factory Reset HP Xiaomi dengan cara lain, admin Geekgyan sudah pernah merangkum CARA RESET HP XIAOMI menggunakan menu Setelan HP Xiaomi dan Mi Cloud.

3. Memperbarui Versi MIUI

3. Memperbarui Versi MIUI Untuk Menghilangkan Bug di Xiaomi

Cara menghilangkan Bug ketiga dapat dengan melakukan Upgrade MIUI. Cara menghilangkan Bug dengan memperbarui MIUI sangat cocok buat mengatasi Bug Google maupun Bug Aplikasi.

Dimana menghilangkan Bug dengan cara Upgrade versi MIUI terbaru dapat dilakukan melalui menu pengaturan. Cara upgrade MIUI yaitu dengan Buka Menu Pengaturan > Pilih Tentang Telepon > Ketuk Pembaruan Sistem > Perbarui Sistem.

4. Mengembalikan Versi MIUI

Cara menghilangkan Bug keempat dapat dengan melakukan Downgrade MIUI. Cara menghilangkan Bug dengan mengembalikan versi MIUI ke semula cocok buat mengatasi Bug Google maupun Bug Aplikasi yang terjadi setelah HP dilakukan Upgrade sistem.

Cara menghilangkan Bug di HP Xiaomi dengan Downgrade sistem adalah sebagai berikut :

  • Kunjungi Situs Resmi Xiaomi
    Pertama Silahkan ketik https://en.miui.com/ di kolom pencarian Google.
    Kunjungi Situs Resmi Xiaomi
  • Klik Downloads
    Kedua Klik Downloads pada halaman utama situs resmi Xiaomi.
    Klik Downloads
  • Pilih Tipe HP Xiaomi
    Ketiga silahkan pilih tipe Xiaomi yang digunakan.
    Pilih Tipe HP Xiaomi
  • Pilih Versi MIUI
    Keempat yaitu memilih versi MIUI yang sesuai.
    Pilih Versi MIUI
  • Klik Download Full Room
    Selanjutnya klik Download Full Room untuk mendapatkan file tersebut.
    Klik Download Full Room
  • Setelah Ter unduh Silahkan Lakukan proses Downgrade
    Kemudian setelah file di download, silahkan lakukan proses mengembalikan versi sistem Xiaomi untuk menghilangkan Bug. Yaitu dengan cara jalankan aplikasi Updater bawaan Xiaoami > Tap Titik Tiga Vertikal > Pilih Choose update package > pilih file sistem.
    Setelah Ter unduh Silahkan Lakukan proses Downgrade

5. Service HP Xiaom

5. Service HP Xiaomi Untuk Menghilangkan Bug di Xiaomi

Cara menghilangkan Bug kelima dapat dengan melakukan Service HP Xiaomi. Cara ini sebagai alternatif jika cara menghilangkan Bug di Xiaomi diatas sudah dicoba namun Bug tersebut masih muncul.

Cara menghilangkan Bug dengan melakukan Service HP Xiaomi bisa ke Service Center bisa juga ke tempat service HP yang bagus. Dengan melakukan service HP diharapkan nantinya Bug Xiaomi tersebut bisa teratasi.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan ulasan diatas, bahwa cara menghilangkan Bug di Xiaomi bisa dicoba dengan mengetahui terlebih dahulu apa penyebab Bug tersebut. Setelah itu anda bisa menghilangkan Bug dengan cara yang sesuai dengan penyebabnya.

Demikian artikel kali ini yang sudah Geekgyan rangkum tentang cara menghilangkan Bug di Xiaomi seperti Google terus berhenti, Sayangnya aplikasi telah berhenti maupun cara menghilangkan laporan Bug. Terima kasih telah mengunjungi Geekgyan.com, semoga cara-cara diatas bermanfaat buat anda yang sedang mengalami Bug di Xiaomi.

You May Also Like

About the Author: admin

Seorang konten writers di Geekgyan yang sangat antusias terhadap dunia gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *